TEMPATNYA GOKIL GOKILAN DAN HAL-HAL YANG ANEH DAN BERILMU PENGETAHUAN

Thursday, April 7, 2011

Mutasi Genetik, Rahasia Kecantikan Liz Taylor



Penasaran rahasia kecantikan salah satu wanita tersensual di dunia? Jawabannya, mutasi genetik. Liz Taylor miliki dua garis bulu mata yang menunjang mata biru-violet.“Ini tidak terdengar menakutkan sama sekali," ujar ibu Liz Taylor yang dikutip dalam buki biografi ‘Elizabeth’ yang dikarang J. Randy Taraborrelli. Dua garis bulu mata Taylor merupakan mutasi genetik dari gen FOXC2.
Ini dikenal sebagai medis bernama distichiasis dan termasuk gangguan kesehatan yang sangat langka. Spesialis mata seringkali menyebut ini sebagai bulu mata aksesoris.
Bulu mata biasanya tumbuh di tepi luar kelompak mata dan seringkali tidak tumbuh dalam satu garis lurus, kata Dr. Aaron Fay, ahli bedah plastik oftamik di Massachusetts Eye and Ear Infirmary, Boston.
“Apa yang terjadi pada penderita distichiasis adalah tumbuhnya rambut di tempat yang seharusnya bagian dari kelenjar minyak pada kelopak mata.”
Saat rambut tumbuh di lapisan kulit tipis dekat mata, dikhawatirkan bulu tambahan itu bergesekan dengan bola amta yang menciptakan tiga masalah potensial, kata Fay. Ini bisa menyebabkan iritasi mata, menghancurkan sel permukaan mata dan mengurangi kemampuan penglihatan.
Untuk mencegah kerusakan mata, beberapa orang menggunakan tetes mata atau memanfaatkan lensa kontak untuk mencegah bulu mata menyentuh langsung ke bola mata.
Tidak dijelaskan apakah Liz Taylor memiliki masalah dengan bulu tambahan itu. Namun, Fay mengaku adanya kemungkinan bulu mata tambahan berada di baris kedua kelopak mata yang atas sehingga tidak terkena langsung dengan mata.

0 Respon: